KOBARKAN SEMANGAT DI SEPULUH HARI TERAKHIR

Bismillah. Walhamdulillah. Wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin. Wa ba'du.

Sebentar lagi ramadhan akan berlalu, paksakan diri untuk membaca Al-Qur'an meskipun engkau terbata-bata. Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu, ia berkata : Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

من قرأ حرفا من كتاب الله فله به حسنة حسنة والحسنة بعشر امثالها. لا أقول : (ألم) حرف ولكن ألف حرف ولام حرف وميم حرف.

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (al-Qur'an) maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatkan sepuluh kali pahala. Aku tidak mengatakan Alif lam mim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, mim satu huruf." [HR. Tirmidzi. Lihat juga Fadhooilul Qur'aan hal.16].

Membaca al-Qur'an satu huruf mendapatkan satu pahala, dan satu pahala itu akan dilipat gandakan menjadi sepuluh pahala. Bagaimana jika membacanya di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan? Lalu bagaimana lagi jika membacanya bertepatan dengan malam lailatul qodar? Sungguh ganjaran yang sangat melimpah dan berlipat-lipat. 

Karena itu, sadarlah sobat sekarang kita telah memasuki hari-hari perpisahan dengan bulan ramadhan. Kata-kata orang, hari perpisahan itu sangat berat bagi seorang mu'min, karena hati telah mengukir cinta di sudut-sudutnya.

Seorang penyair pernah mengatakan : 

"Cinta apabila telah mengakar, ikatan qolbu dengan bulan ramadhan akan membuahkan amal-amal kebaikan."

Karena itu tambatkan hatimu di akhir-akhir bulan ramadhan ini, belum terlambat sobat, meskipun engkau masih terbata-bata dalam membaca al-Qur'an. 

Jika kemarin semangatmu masih memudar dan melemah di awal-awal ramadhan, maka kibarkan kembali semangatmu, raih keutamaan sepuluh terakhir bulan ramadhan, karena itulah yang dilakukan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam jika telah masuk di sepuluh malam yang terakhir bulan ramadhan. 'Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan :

كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا دخل الأشر شد مئزره وأحيا ليله وأيقظ أهله

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila telah masuk sepuluh hari terakhir (bulan ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya." [HR. Al-Bukhari, no.2024. Muslim, no.1174].

Sekarang masa-masa liburan, letakkan sejenak ponselmu sobat, singsingkan lengan bajumu, hidupkan malam-malam terakhir bulan ramadhan dengan membaca al-Qur'an dan ibadah lainnya. Kita sebenarnya  bisa, mampu, namun yang lemah itu bukan jasad, tapi hati kita yang lemah, jauh dari al-Qur'an, jauh dari ibadah, jauh dari ketaatan kepada Allah 'Azza wa Jalla dan dekat dengan berbagai kemaksiatan dan kemungkaran. 

Lebih Utama dari Seribu Bulan

Ibadah di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan memiliki keutamaan yang agung, karena didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Allah Ta'ala berfirman :

إِنَّآ أَنزَلْنَـٰهُ فِى لَيْلَةِ ٱلْقَدْرِ. وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ. لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌۭ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍۢ. تَنَزَّلُ ٱلْمَلَـٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍۢ. سَلَـٰمٌ هِىَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ ٱلْفَجْرِ

Artinya : "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qodr : 1-5).

Beribadah pada malam lailatul qodar setara dengan seribu bulan, kurang lebih sama seperti beribadah selama 83 tahun. Satu kedermawanan yang luar biasa dari Allah 'Azza wa Jalla bagi umat ini. Seolah-olah Allah sedang memperdagangankan surga-Nya untuk orang-orang yang beriman. Mari jangan lemah sobat, kobarkan semangat, lawan rasa malas, dan beli surga yang sedang Allah perdagangkankan dengan semangat tanpa letih, karena sejatinya kita tidak pernah tau, bisa jadi ini merupakan ramadhan kita yang terakhir. Wallahu a'lam.

***

Gresik, 22 Ramadhan 1445 H/1 April 2024

Penulis : Abu Dawud ad-Dombuwiyy 

Artikel : Meciangi-d.blogspot.com 

Related Posts:

0 Response to "KOBARKAN SEMANGAT DI SEPULUH HARI TERAKHIR"

Post a Comment