BAHAYA TEMAN YANG BURUK

Bismillah. Alhamdulillahi Rabbil 'aalamiin. Wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam. Wa ba'du.

Mencari teman, lihat-lihatlah dulu, karena betapa banyak orang-orang yang baik menjadi rusak akibat teman yang buruk. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengingatkan kita dalam sabdanya :

الرجل على دين خليله فلينظر احدكم من يخالل

"Seseorang itu tergantung agama temannya, oleh karena itu salah seorang diantara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman." (HR. Abu Dawud)

Dalam hadits yang lain Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Imam al-Bukhaari :

مثل الجليس الصالح والجليس السوء كحامل صاحب المسك وكير الحداد، لا يعدمك من صاحب المسك : إما تشتريه أو تجد ريحه
 .وكير الحداد : يحرق بدنك أو ثوبك، أو تجد منه ريحا خبيثة
[صحيح البخاري، ٢١٠١. بيت الفكار الدولية]

"Perumpamaan teman duduk yang sholeh dan teman duduk yang jelek seperti pemilik minyak misk dan pandai besi, jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal akan mendapatkan bau harumnya. Sedangkan pandai besi, dia akan membakar badanmu atau pakaianmu atau minimal engkau akan mendapatkan darinya bau yang tidak sedap."[Shohih al-Bukhaari, 2101. Cet. Baitul Afkaar ad-Dauliyyah]

Sedangkan dalam riwayat Imam Muslim :

عن أبي موسى عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : إنما مثل الجليس الصالح والسوء كحامل المسك ونافخ الكير. فحامل المسك
 .إما أن يحذيك وإما أن تبتاع منه، وإما أن تجد منه ريحا طيبة، ونافخ الكير إما أن يحرق ثيابك وإما أن تجد ريحا خبيثة
[صحيح مسلم، ٢٦٢٨. بيت الفكار الدولية]

Dari Abu Musa dari Nabi _shallallahu 'aalaihi wa sallam_ bersabda : "Sesungguhnya perumpamaan teman duduk yang sholeh dan teman duduk yang jelek seperti perumpamaan penjual minyak misk dan pandai besi. Penjual minyak misk bisa jadi dia akan menghadiahkan kepadamu (minyak misk tersebut) atau engkau akan membeli darinya atau minimal engkau akan mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi bisa jadi dia akan membakar badanmu atau pakaianmu atau minimal engkau akan mendapatkan bau yang tidak sedap." [Shohih al-Bukhaari, 2628. Cet. Baitul Afkaar ad-Dauliyyah]

Karena itu, carilah teman yang baik, sebab teman yang baik akan membantu kita dalam meniti jalan kebaikan dan takwa. Adapun teman yang buruk, dia akan  menggelincirkan kita dalam dosa dan kesesatan, sehingga kita akan menjadi orang yang merugi pada hari kiyamat.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "BAHAYA TEMAN YANG BURUK"

Post a Comment