ANALISIS PENGARUH HARMONIK PADA SISTEM TENAGA LISTRIK



Bismillah, ahlamdulillahi Rabbil 'aalamiin, wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin wa 'ala aalihi wa shahbihi ajma'in, wa ba'du.

Segala puji bagi Allah 'Azza wa Jalla yang telah menyempurnakan tulisan ini menjadi sebuah buku, yang kami persembahkan secara khusus kepada seluruh mahasiswa jurusan Teknik Elektro.

Buku ini akan membahas tentang permasalahan harmonik pada sistem 3 phasa. Permasalahan harmonik  merupakan permasalahan yang terkait dengan keseimbangan beban atau terkait dengan kualitas daya pada sistem tenaga listrik. Tema harmonik ini sangat menarik dan begitu banyak diminati oleh para mahasiswa, khususnya mahasiswa S2 dan S3 jurusan Teknik Elektro.

Permasalahan yang dihadapi oleh para mahasiswa adalah minimnya buku-buku referensi berbahasa indonesia yang membahas secara tuntas tentang harmonik. Jikapun ada buku-buku yang berbahasa asing, kesulitannya adalah materi harmonik ini merupakan materi yang cukup rumit dan kompleks. Secara reguler pun hanya didapatkan pada mata kuliah pilihan seperti Elektronika Daya, dengan durasi pembelajaran antara satu atau dua kali pertemuan saja. Dengan adanya kendala-kendala tersebut, maka wajar hal ini akan menyulitkan para mahasiswa.

Karena itu, untuk memudahkan para mahasiswa, buku ini-pun kami hadirkan dengan metode pembahasan yang lengkap dan mudah difahami. Mulai dari evaluasi persamaan matematis harmonik yang lengkap, teori harmonik pada sistem tenaga, perhitungan distorsi arus dan tegangan harmonik, perhitungan faktor daya distorsi, perhitungan beban tidak seimbang dan yang terpenting adalah perhitungan pergeseran diagram fasor arus dan tegangan per phasa serta perhitungan arus hubung singkat pada PCC (Point of Common Coupling). Untuk perhitungan pergeseran diagram fasor 3 phasa secara mendetail per phasanya, ini jarang dibahas dalam buku-buku yang membahas tentang harmonik, padahal perhitungan ini sangat dibutuhkan ketika terjadi kerusakan pada salah satu elemen dari alat ukur ; seperti kerusakan pada tang ampere atau lainnya. Kedua yaitu perhitungan arus hubung singkat pada PCC (Point of Common Coupling). Perhitungan ini sangat penting karena terkait dengan batasan-batasan yang dipersyaratkan oleh Institute of Electrical and Elecronic Engineers (IEEE) untuk sistem kelistrikan yang terdistorsi harmonik. Bagi setiap penelitian yang mengangkat tema harmonik pada sistem tenaga listrik, wajib mengetahui berapa besarnya arus hubung singkat pada PCC (Point of Common Coupling). Untuk mengetahui besarnya arus hubung singkat pada PCC (Point of Common Coupling) dapat dilakukan dengan dua cara, pertama dengan menggunakan data arus hubung singkat milik PT.PLN Persero setempat, kedua dengan melakukan perhitungan secara matematis. Apabila pihak PT.PLN Persero setempat tidak bisa memberikan data arus hubung singkat pada PCC (Point of Common Coupling) karena alasan tertentu, maka wajib menempuh cara kedua yaitu melakukan perhitungan pendekatan dengan persamaan matematis.

Institute of Electrical and Elecronic Engineers (IEEE) menetapkan bahwa arus hubung singkat pada PCC (Point of Common Coupling) akan digunakan untuk menghitung rasio Isc/IL atau rasio arus hubung singkat maksimum pada PCC (Point of Common Coupling) dan arus maksimum pada beban, dan hasil perhitungan Isc/IL tersebut, akan digunakan untuk membandingkan berapa persen distorsi minimum arus dan tegangan yang diijinkan untuk sistem kelistrikan tersebut, jika melebihi standar IEEE, maka sistem kelistrikan tersebut mengalami distorsi harmonik yang membahayakan dan harus segera ditangani dengan serius.

Karena itu buku ini bisa dijadikan sebagai pegangan bagi para mahasiswa Teknik Elektro, khususnya yang sedang melakukan penelitian tentang harmonik. Bahkan buku ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai acuan pendukung bagi dosen pengajar di Jurusan Teknik Elektro dalam menjelaskan tentang teori harmonik secara spesifik kepada para mahasiswa.

Kritik dan saran yang membangun sangat penulis butuhkan untuk perbaikan buku ini, sebab tidak ada gading yang tidak retak dan tidak ada tulisan yang tidak memiliki cacat.

Dengan Mengharap wajah Allah semoga tulisan ini bermanfaat untuk seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan Teknik Elektro, sehingga tulisan ini menjadi amal sholeh bagi penulis di hari kiyamat nanti yaitu hari yang tidak bermanfaat harta dan anak-anak.

Dompu, 12 Juli 2020



Penulis

Untuk link download bukunya = Download

Related Posts:

2 Responses to "ANALISIS PENGARUH HARMONIK PADA SISTEM TENAGA LISTRIK"