KHILAFAH AKAN TEGAK DENGAN TEGAKNYA TAUHID

Tauhid beres Negara sukses, ini bukan ucapan dusta. Tauhid dulu baru yang lain, karena seperti itu dakwah para Nabi. Kita mau mencontoh Nabi apa orang lain? Perhatikan doa Nabi Ibrahim 'alaihissalam dalam Al-Qur'an, Allah Jalla wa 'Alaa berfirman :

«وَإِذْ قَالَ إِبْرَٰهِيمُ رَبِّ ٱجْعَلْ هَـٰذَا ٱلْبَلَدَ ءَامِنًۭا وَٱجْنُبْنِى وَبَنِىَّ أَن نَّعْبُدَ ٱلْأَصْنَامَ»

Artinya : "Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala." (QS. Ibrahim : 35)

Berkata Asy-Syaikh Abdurrahman bin Hasan Alu Asy-Syaikh :

قوله (وَٱجْنُبْنِى وَبَنِىَّ أَن نَّعْبُدَ ٱلْأَصْنَامَ) أى : اجعلنى و بنىَّ في جانب عن عبادة الأصنام و باعد بيننا و بينهما. وقد استجاب الله تعالى دعاءه، وجعل بينه أنبياء وجنَّبهم عبادة الأصنام وقد بين ما يوجب الخوف من ذلك بقوله (رَبِّ إِنَّهُنَّ أَضْلَلْنَ كَثِيرًۭا مِّنَ ٱلنَّاس) فإنه هو الواقع في كل زمان فإذ عرف الإنسان أن كثيرا وقعوا في الشرك الأكبر وضلوا بعبادة الأصنام : أوجب ذلك خوفه من أن يقع فيما وقع فيه الكثير من الشرك الذى لا يغفر الله

قال إبراهيم التيمى : ومن يأمن البلاء بعد إبراهيم؟ رواه ابن جرير وابن أبى حاتم

فلا يأمن الوقوع في الشرك إلا من هو جاهل به وبما يخلصه منه : من العلم بالله وبما بعث به رسوله من توحيده، والنهى عن الشرك به

[فتح المجيد شرح كتاب التوحيد. ص : ٧٤. دار الكتب العلمية]

"Firman Allah (Artinya : Dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku dari menyembah berhala-berhala) yaitu : Jadikanlah aku dan anak cucuku di palingkan dari menyembah berhala, dan jauhkan antara kami dan antara berhala tersebut (sejauh-jauhnya). Dan sungguh Allah telah mengabulkan doanya, dan menjadikan anak cucunya sebagai para Nabi dan Dia menjauhkan mereka dari beribadah kepada berhala dan sungguh Ibrahim 'alaihissalam telah menunjukkan apa (alasan) yang membuat dia harus takut kepada syirik dengan ucapannya : (Artinya : "Ya Tuhanku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia). Maka sungguh kesyirikan itu merupakan realita yang terjadi di setiap zaman, apabila manusia telah mengetahui bahwa kebanyakan mereka terjatuh dalam syirik besar dan terjatuh pula dalam kesesatan itu disebabkan karena mereka beribadah kepada berhala : maka hal tersebut mengharuskan munculnya rasa takut dia dari terjatuh pada perkara yang kebanyakan orang telah terjatuh didalamnya berupa perkara kesyirikan yang Allah tidak akan mengampuninya."

Berkata Ibrahim At-Taimiy : "Dan siapakah yang merasa aman dari bala' (yaitu terjatuh dalam kesyirikan) setelah Ibrahim? (Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim)

Dan tidaklah ada yang merasa aman dari terjerumus dalam kesyirikan kecuali orang yang bodoh tentang kesyirikan dan tentang apa saja yang dapat membersihkan dia dari kesyirikan : seperti berilmu tentang Allah dan berilmu tentang apa-apa yang diutus dengannya Rasul :  seperti mentauhidkan Allah, dan larangan dari menyekutukan-Nya". [Fathul Majiid Syarh Kitaabit Tauhid,hal.74. Pustaka Baitul Afkar Ad-Dauliyyah]

Betapa indah ucapan dalam muqadimah kitab Ushuul Dakwatis Salafiyyah :

يجب على الداعية أن يبدأ دعوته بالأهم فالأهم. وتوحيد الله هو قطب رحى الدعوة ؛ منه تبدأ، واليه تنتهي، وكل عمل يجب ربطه به
[أصول الدعوة السلفية السلفية. ص : ٧. دار المنهاج]

“Wajib bagi dai sejati agar dia memulai dakwahnya dengan perkara yang terpenting kemudian yang penting. Dan mentauhidkan Allah merupakan poros dakwah, dari tauhid engkau memulai (dakwah tersebut), dan dari tauhid pula engkau mengakhirinya, dan seluruh amalan wajib diikat dengan tauhid”. (Ushuulud Da'watis Salafiyyah, hal.7 Pustaka Daarul Minhaaj)

Karena itu tauhid dulu baru khilafah, jangan dibalik. Berkata seorang aktivis dakwah dan kata-kata ini sering dikutip oleh Asy-Syaikh al-Albani rahimahullah :

Tegakkanlah Negara Islam didalam hatimu, niscaya akan tegak Islam di Negaramu." (Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawwas, hal : 575. Penerbit : Pustaka Imam Asy-Syafi'i)

Semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "KHILAFAH AKAN TEGAK DENGAN TEGAKNYA TAUHID"

Post a Comment