EMPAT QOIDAH DALAM MEMAHAMI KESYIRIKAN #3

Poin ke tiga dari kitab Al-Qowaidul Arba' ini yaitu membahas tentang banyaknya jenis sesembahan orang-orang kafir di zaman jahiliyah. Berkata Asy-Syaikh Muhammad at-Tamimi rahimahullah :

القاعدة الثالثة: أنّ النبي ( ظهر على أُناسٍ متفرّقين في عباداتهم منهم مَن يعبُد الملائكة، ومنهم من يعبد الأنبياء والصالحين، ومنهم من يعبد الأحجار والأشجار، ومنهم مَن يعبد الشمس والقمر، وقاتلهم رسول الله ولم يفرِّق بينهم، والدليل قوله تعالى: وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّى لَا تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ لِلَّه) [البقرة:19

Qoidah yang ketiga :

"Bahwasannya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam diutus pada umat manusia yang berbeda-beda dalam peribadatannya, di antara mereka ada yang menyembah matahari dan bulan, dan diantara mereka ada yang menyembah orang-orang sholeh, dan diantara mereka ada yang menyembah malaikat dan diantara mereka ada yang menyembah para nabi, dan diantara mereka ada yang menyembah batu dan pohon-pohon, dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerangi mereka semua dan tidak membeda-bedakan mereka dan dalilnya firman Allah Ta'ala:

«وَقَـٰتِلُوهُمْ حَتَّىٰ لَا تَكُونَ فِتْنَةٌۭ وَيَكُونَ ٱلدِّينُ لِلَّه»

Artinya : "Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah (kesyirikan) lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah." (QS. Al-Baqaroh : 193)

 [ودليل الشمس والقمر قوله تعالى: ﴿وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ) [فصلت:37

Dalil (mereka menyembah) matahari dan bulan firman Allah Ta'ala

«وَمِنْ ءَايَـٰتِهِ ٱلَّيْلُ وَٱلنَّهَارُ وَٱلشَّمْسُ وَٱلْقَمَرُ ۚ لَا تَسْجُدُوا۟ لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَٱسْجُدُوا۟ لِلَّهِ ٱلَّذِى خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ»

Artinya : "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan." (QS.Fushilat : 37)

[ودليل الملائكة قوله تعالى: ﴿وَلَا يَأْمُرَكُمْ أَنْ تَتَّخِذُوا الْمَلَائِكَةَ وَالنَّبِيِّينَ أَرْبَابًا) [آل عمران:80

Dan dalil (mereka menyembah) para malaikat firman Allah Ta'ala

Artinya : "Dan (tidak wajar pula baginya) menyuruhmu menjadikan malaikat dan para nabi sebagai tuhan". (QS.Ali Imran : 80)

ودليل الأنبياء قوله تعالى: ﴿وَإِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ أَأَنتَ قُلْتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُونِي وَأُمِّي إِلَهَيْنِ مِنْ دُونِ اللَّهِ قَالَ سُبْحَانَكَ مَا كُونُ 
[لِي أَنْ أَقُولَ مَا لَيْسَ لِي بِحَقٍّ إِنْ كُنتُ قُلْتُهُ فَقَدْ عَلِمْتَهُ تَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي وَلَا أَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِكَ إِنَّكَ أَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ)  [المائدة:11

Dalil (mereka menyembah) para Nabi firman Allah Ta'ala :

Artinya : "Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?". Isa menjawab: "Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib". (QS.Al-Maidah 116-119)

ودليل الصالحين قوله تعالى: ﴿أُوْلَئِكَ الَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَى رَبِّهِمْ الْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُ... ﴾الآية
 [الإسراء:57]

Dalil (mereka menyembah) orang-orang sholeh firman Allah Ta'ala :

Artinya : "Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya." (QS.Al-Isro' : 57)

[ودليل الأحجار والأشجار قوله تعالى: ﴿أَفَرَأَيْتُمْ اللَّاتَ وَالْعُزَّى وَمَنَاةَ الثَّالِثَةَ الْأُخْرَى) [النجم:19-20

Dan dalil (mereka menyembah) batu dan pohon-pohon firman Allah Ta'ala :

Artinya : "Maka apakah patut kamu (hai orang-orang musyrik) menganggap al Lata dan al Uzza, dan Manah yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah)?"  (QS.An-Najm : 19-20)

وحديث أبي واقدٍ الليثي ( قال: خرجنا مع النبي ( إلى حُنين ونحنُ حدثاء عهدٍ بكفر، وللمشركين سدرة يعكفون عندها وينوطون بها أسلحتهم يقال لها: ذات أنواط، فمررنا بسدرة فقلنا: يا رسول الله إجعل لنا ذات أنواط كما لهم ذات أنواط فقال -صلى الله عليه وسلم- : ((الله أكبر، إنها السنن، قلتم والذي نفسي بيده كما قالت بنو إسرائيل لموسى :﴿ٱجْعَل لَّنَآ إِلَـٰهًۭا كَمَا لَهُمْ ءَالِهَةٌۭ ۚ قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌۭ 
(تَجْهَلُونَ. إِنَّ هَـٰٓؤُلَآءِ مُتَبَّرٌۭ مَّا هُمْ فِيهِ وَبَـٰطِلٌۭ مَّا كَانُوا۟ يَعْمَلُون. قَالَ أَغَيْرَ ٱللَّهِ أَبْغِيكُمْ إِلَـٰهًۭا وَهُوَ فَضَّلَكُمْ عَلَى ٱلْعَـٰلَمِينََ

Hadits Abi Waqid Al-Laitsi berkata :

"Kami keluar bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menuju Hunain, sedangkan kami baru keluar dari kekafiran dan orang-orang musyrik  memiliki satu pohon yang mereka beri'tikaf disisinya, dan mereka menggantungkan pada pohon tersebut senjata-senjata mereka (biar sakit-pen) dan mereka menamakan pohon tersebut dengan dzatu anwath, kemudian kami-pun melewati sebuah pohon bidara, maka kami berkata : "Wahai Rasulullah, jadikanlah untuk kami dzatu anwath (sebuah pohon, yang pohon tersebut dijadikan tempat untuk menggantung senjata supaya sakti) sebagaimana mereka memiliki dzatu anwath maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata : ((Allahu Akbar, ini adalah tradisi (jahiliyah). Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalian telah mengatakan sebagaimana yang telah dikatakan oleh Bani Isroil kepada Musa (Jadikan untuk kami sesembahan sebagaimana sesembahan yang mereka miliki. Berkata Musa, sesungguhnya kalian adalah kaum yang bodoh. Sesungguhnya mereka itu akan dihancurkan kepercayaan yang dianutnya dan akan batal apa yang seIalu mereka kerjakan. Musa menjawab: "Patutkah aku mencari Tuhan untuk kamu yang selain dari pada Allah, padahal Dialah yang telah melebihkan kamu atas segala umat). (QS. Al-A'raf : 138-140)


PENJELASAN QOIDAH KETIGA 

Setelah kita membaca tulisan Asy-Syaikh Muhammad At-Tamimi, maka kitapun akan menyadari betapa banyak sesembahan orang-orang jahiliyyah ketika itu, selain mereka menyembah Allah mereka juga menyembah selain Allah seperti malaikat, nabi, orang sholeh, pohon, batu dan lain-lain.

Berkata Asy-Syaikh Ubaid bin Abdillah Al-Jaabiri dalam syarah kitab Al-Qowaidul Arba':

حذه القاعدة ملخصها (...) في شيئن : مجمل و مفص

 :المجمل يتضمن نقطتين

النقطة الأولى - أن الجامع بين هؤلاء وإن إختلفت معبوداتهم هو الشرك بالل
- سبُحانه وتعالى-، وبهذا يعلم أن من إتخذ ندا لا تقبل منه دعواه الإسلام وإن صلى وصام وزعم أنه مسلم، فالله لا يقبل العبادة حتى تكون خالصة كلها لله سبُحانه وتعالى-

"Qoidah ini ringkasannya (...) mencakup dua perkara pokok : Umum dan Terperinci.

1. Umum mengandung dua poin

A. Poin pertama : Bahwasannya yang mengumpulkan antara mereka (orang-orang jahiliyyah), meskipun ber-aneka ragam sesembahan-sesembahan mereka  yaitu kesyirikan (mereka) kepada Allah -Sunhanahu wa Ta'ala- Dengan demikian (ini) memberikan pelajaran bahwa barangsiapa yang mengambil tandingan (sesembahan selain Allah sebagai sesembahan) maka tidak diterima seruan keislaman darinya meskipun dia melaksanakan sholat, berpuasa sedangkan dia menyangka bahwa dia itu muslim, dan Allah tidak akan menerima suatu ibadah sampai ibadah itu murni untuk Allah seluruhnya.

النقتة الثانية : الإستدلال بآية البقرة على أن الرسول الله -صلى الله عليه وسلم- قتل هؤلاء ولم يفرق بينهم (وَ قَاتِلُوهُمْ حَتَّ لَا تَكُوْنَ فِتْنَةً وَيَكُوْنُ الدِّيْنُ كُلُّهُ لِلهِ) والمعنى أن الله - سبُحانه وتعالى- أمر نبيه -صلى الله عليه وسلم- بقتال هؤلاء حتى يجتمعوا 
(كلهم عالى عبادة معبود واحد لا حق لأحد في العبادة سواه وهو الله - سبُحانه وتعالى- (وَيَكُوْنُ الدِّيْنُ كُلُّهُ لِله

B. Poin kedua : Pendalilannya yaitu surat Al-Baqaroh bahwasannya Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam- memerangi mereka tanpa membeda-bedakan antara mereka ("Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada lagi firnah (kesyirikan) dan agar agama itu hanya semata-mata untuk Allah") Dan maknanya bahwasannya Allah -Subhanahu wa Ta'ala- telah memerintahkan nabi-Nya -shallallahu 'alaihi wa sallam- memerangi mereka hingga mereka seluruhnya berkumpul diatas peribadatan kepada sesembahan yang satu, tidak benar bagi seorangpun beribadah kepada selain-Nya dan Dia itu adalah  Allah -Subhanahu wa Ta'ala- ("Dan agar agama itu hanya semata-mata untuk Allah").

وأما المفصل : ففيما ذكره المصنف -رحمه الله- من الأدلة وهي صريحة وواضحة باختلاف معبودات المشركين من دُن الله
: سبُحانه وتعالى- و يختص حديث أبي واقد اليثى -رضي الله عنه- بالإضافة إلى موافقته ما قبله من الآيات فوائد منها-

 أن مجرد الإسم لا يغير حقيقة الأمر وذلكم أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- شبه مقالة أولئك القوم -رضي الله عنهم من الصحابة لكنهم متأخرون أسلموا في الفتح- شبح مقولتهم بمقولة بني إسرائيل، وإذا نظرنا إلى مقولتين من حيث اللفظ وجدناهما مختلفتين ؛ فأصحاب محمد -صلى الله عليه وسلم- قالوا : (يا رسول الله) نادوه باسم الرسالة (يا رسول الله) هذا دليل على أنهم يحبون اتباعه وأن أمر التدين موقوف عليه -صلى الله عليه وسلم- (يا رسول الله)، وأما بنو إسرائيل فكيف نادوا نبيهم؟
 (يا موسى) [الأعراف : ١٣٨]، يعني كأنهم ينادون إنسانا عاديا (يا موسى)
(في غاية الجلافة، لم يقولوا : يا نبي الله، يا رسول الله، (يا موسى 

ثانيا : طلبة اصحاب محمد -صلى الله عليه وسلم- أن يجعل لهم سدرة يعلقون أسلحتهم للتبرك، بينما اصحاب موسى -صلى الله عليه وسلم- طلبوا ماذا؟ إلها قالوا : (ِجْعَلْ لَنَا إلٰهًا) فأيهما الصريح، فأية الطلبة الصريحة بالشرك؟ طلب أصحاب موسى، أليس كذلك؟ لكن لم يفرق النبي -صلى الله عليه وسلم- بين الطلبتين لأن المؤدى واحد، والحقيقة واحدة. 

الفائدة الثالثة : إنكار المنكر في وقته والتشديد والتغليظ فِ ذلك، وفي هذا رد على بعض المتفلسفة والضعفاء كذلك من السلفيين : "هذا ليس وقته، هذا ينبغي تأجيله ، الوقت لا يناسب الآن، المصلحة تقتضى أن يؤخر". فإذا نظرنا إلى الوضع من الناهية الإجتماعية ومن ناحية الزمن الحادث : 

ومن الناهية الإجتماعية : هؤلاء -أعني القائلين : يا رسول الله اجعل لنا ذات أنواط ... إلى آخره- يمتلون سدس المعشكر أو خمس المعشكر

ومن الناحية الحالية الزمنية هم في حال غزو، لم يكونوا متجهزين إلى مسير بل هم في مسير إلى هوازن وثقيف حتى يدخلوا 
 في حظيرة الإسلام، اتضح لكم الأمران يا إخوان؟ هاه اتضح الأمران؟ ومع هذا زجرهم النبى -صلى الله عاليه وسلم-  بهذه الزجراتالعظيمة، لم يقل : نؤجل هذا الأمر حتى نعُود،  لا، ولم يقل : هؤلاء قوم كثر لو شدد النكير عليهم ربما انصرفوا وتركونا، (بل) أعلن أنّ هذا الأمر مخالف لدين الله الذي دخلوا فيه، زجرات قوية اقتلعت الطلبة من قلوبهم، الطلبة الشركية اقتلعتها من قلوبهم، نعم.

2. Terperinci

Adapun perkara yang terperinci dari apa-apa yang telah disebutkan oleh penulis -rahimahullah- adalah berupa dalil-dalil yang jelas dan gamblang tentang berbedanya sesembahan-sesembahahn orang-orang musyrik dari selain Allah -Subhaanahu wa Taala-. Secara khusus hadits Abu Waqid Al-Laitsi -radhiyallahu anhu- dengan menyandarkan kepada kesepakatan dari ayat-ayat sebelumnya. Adapun faedah-faedah yang bisa diambil dari qoidah ini yaitu :
  • Bahwasannya perubahan nama tidak merubah hakikat dari suatu permasalahan, dan sungguh Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam- telah menyamakan ucapan-ucapan mereka. Mereka itu adalah kaum -radhiyallahu anhu-, dari kalangan para shahabat, akan tetapi mereka terakhir masuk Islam dalam penaklukan (kota Mekkah)- Ucapan-ucapan mereka sama dengan ucapan bani Isroil, apabila kita lihat pada dua ucapan mereka dari sisi lafadz, kita akan mendapatkan perbedaan dari keduanya; adapun para shahabat Nabi muhammad -shallallahu 'alaihi wa sallam- mereka mengatakan : ((Wahai Rasulullah)) mereka memanggil Nabi dengan dengan nama kerasulan yaitu ((Wahai Rasulullah), ini merupakan dalil bahwasannya mereka cinta mematuhinya dan sesungguhnya perintah agama-agama pun berhenti padanya (memanggil dengan nama kerasulan) -shallallahu 'alaihi wa sallam- ((Wahai Rasulullah)), adapun bani Israil bagaimana mereka memanggil nabi mereka? ((Wahai Musa)) [Al-Araf : 138], yaitu seolah-olah mereka memanggil manusia biasa ((Wahai Musa)), ini benar-benar puncak kekurang ajaran, mereka tidak mengatakan : Wahai Nabi Allah, wahai Raslullah, (tapi justru memanggil) ((Wahai Musa)).
  • Kedua : Tuntutan shahabat Nabi Muhammad -shallallahu 'alaihi wa sallam- adalah agar menjadikan untuk mereka pohon bidara yang mereka akan menggantungkan senjata-senjata mereka (supaya sakti) dengan bertabaruk (mencari berkah), sedangkan para shahabat Nabi Musa meminta apa? (yaitu meminta) sesembahan, mereka berkata : ((Jadikanlah untuk kami sesembahan)), manakah diantara keduanya yang lebih gamblang, dan manakah permintaan yang lebih jelas kesyirikannya? Yaitu permintaan shahabat Nabi Musa, bukankah demikian? Akan tetapi Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam- tidak membeda-bedakan antara dua permintaan tersebut karena tujuannya satu, dan hakikatnya juga satu.
  • Faedah ketiga : Mengingkari kemungkaran dan bersikap keras dan tegas pada hal tersebut yaitu pada waktunya. Dan dalam hal ini sebagai jawaban (bantahan) kepada sebagian orang yang berfilsafat dan sebagian orang-orang yang lemah dan juga kepada sebagian salafiyyin (yang berkata): "Ini bukan waktunya (untuk membantah), hal ini semestinya ditunda, sekarang waktunya tidak cocok, maslahat hendaknya diakhirkan" Apabila kami melihat kondisi dari sisi adat kebiasaan dan dari sisi waktu terjadinya peristiwa (maka): Dari sisi sosial masyarakat; Mereka yang bertindak demikian -yaitu orang-orang yang berkata : Wahai Rasulullah jadikan  untuk kami dzatu anwath...sampai akhir- hanya seperenam atau seperlima dari pasukan perang. Adapun dari sisi saat terjadinya peristiwa, mereka dalam keadaan perang. Mereka bukan bersiap-siap menuju perjalanan bahkan mereka dalam perjalanan menuju kabilah Hawazin dan kabilah Tsaqif sampai mereka masuk kedalam barisan Islam. Apakah telah jelas bagi kalian dua perkara ini ya ikhwan?! Ingatlah, apakah telah jelas dua perkara tersebut? Bersamaan dengan ini Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam- telah menghardik mereka dengan ancaman yang sangat keras, Nabi tidak mengatakan : Kita tunda permasalahan ini sampai kita kembali, tidak!, dan tidak juga mengatakan : Mereka itu adalah kaum yang banyak, kalau mereka diingkari dengan keras bisa jadi mereka akan berpaling dan enggan, bahkan Nabi mengumumkan bahwasannya permasalahan ini menyelisihi agama Allah yang mereka telah berada didalamnya, hardikan-hardikan yang kuat itupun telah mencabut tuntutan dalam hati mereka, sehingga tuntutan yang syirik tersebut-pun telah tercabut dari hati mereka, naam.

[At-Ta'liq 'Ala Risalah Al-Qawaidil Arba', hal.15-16]

Wallahu a'lam.

***
Dompu, 28 Robiul Awwal 1440 H/4 Januari 2019

Penulis : Abu Dawud ad-Dombuwiyy 

Artikel : Meciangi-d.blogspot.com 

Related Posts:

0 Response to "EMPAT QOIDAH DALAM MEMAHAMI KESYIRIKAN #3"

Post a Comment