MAKNA SUNNAH DAN PENGIKUT SUNNAH






Kita sering sekali mengatakan saya diatas sunnah, fulan diatas bid'ah. Sebenarnya apa makna kata sunnah dan pengikut sunnah menurut para ulama. Berkata Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad dalam Rifqon Ahlas Sunnah Bi Ahlis Sunnah : 

و قال الإمام الشاطبي في الاعتصام :

((و قال عبد الرحمان بن مهدي : قد سئل مالك بن أنس عن السنة؟ قال : هي ما لا إسم له غير السنة، و تلا : «وَأَنَّ هَـٰذَا صِرَٰطِى مُسْتَقِيمًۭا فَٱتَّبِعُوهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعُوا۟ ٱلسُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِ»

Berkata Imam Asy-Syatibi dalam kitabnya al-I'tishom : ((Dan berkata 'Abdurrahman bin Mahdi : Sungguh telah ditanya Malik bin Anas tentang apa itu sunnah?)) Berkata Imam Malik : Sunnah itu adalah apa-apa yang dia tidak memiliki nama selain sunnah itu sendiri, dan Imam Malik membaca ayat :

«Dan sesungguhnya ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya.»

و قال ابن القيم في مدارج السالكين :

((و قد سئل بعض الأئمة عن السنة؟ قال : ما لا إسم له سوى السنة. يعني أن أهل السنة ليس لهم إسم ينسبون إليه سواها))

Berkata Ibnul Qayyim dalam kitab Madaarijus Saalikiin :

((Dan sungguh telah di tanya sebagian Imam (sebagian ulama) tentang apa itu sunnah? Dia berkata : apa apa yang dia tidak memiliki nama kecuali sunnah itu sendiri. Yaitu bahwasanya ahlus sunnah tidak ada bagi mereka nama yang dinisbatkan kepada mereka kecuali sunnah itu sendiri))

و في كتاب الانتقاء لابن عبد البر :

أن رجلا سأل مالكا فقال : من أهل السنة؟ قال : ((أهل السنة الذين ليس لهم لقب يعرفون به ؛ لا جهمي، ولا قدري، ولا رافضي))

[رفقا أهل السنة بأهل السنة : ٧]

Dalam kitab al-Intiqa' Ibnu 'Abdil Barr (berkata) :

"Bahwasannya seorang laki-laki bertanya kepada Imam Malik dan berkata : Siapa itu ahlus sunnah? Berkata Imam Malik : ((Mereka adalah orang orang yang tidak memiliki julukan yang diketahui mereka dengannya ; bukan jahmiyyah bukan pula qadariyyah, dan bukan pula syi'ah rafidhoh))

[Rifqan Ahlas Sunnah bi Ahlis Sunnah : 7]

***
Dompu, 7 Rabbiul Awwal 1440H/15 November 2018

Penulis : Abu Dawud ad-Dombuwiyy 

Artikel : Meciangi-d.blogspot.com

Related Posts:

0 Response to "MAKNA SUNNAH DAN PENGIKUT SUNNAH"

Post a Comment