PENTINGNYA WAKTU

Bismillah. Alhamdulillahi Rabbil 'aalamiin. Wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam. Wa ba'du.

Waktu jika dia telah berlalu, maka dia tidak bisa diputar kembali. Maka pantaslah Allah Ta'ala telah bersumpah dengan waktu ini, menunjukkan betapa pentingnya ia. Allah Ta'ala berfirman :

«وَٱلْعَصْرِ. إِنَّ ٱلْإِنسَـٰنَ لَفِى خُسْرٍ. إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلْحَقِّ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلصَّبْرِ»

Artinya : "Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan saling nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran." (QS. Al-'Asr : 1-3)

Allah Ta'ala juga berfirman :

«وَٱلَّيْلِ إِذَا يَغْشَىٰ. وَٱلنَّهَارِ إِذَا تَجَلَّىٰ»

Artinya : "Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), dan siang apabila terang benderang. (QS.Al-Lail : 1-2)

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda tentang pentingnya waktu :

عن أبي برزة الأسلمي رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((لا تزول قدما عبدٍ يومَ القيامة حتى يُسألَ عن
 .عمره فيمَ أفناه، وعن عِلْمِه فيمَ فعل، وعن ماله من أين اكتسبَه؟ وفيمَ أنفقه؟ وعن جسمه فيمَ أبلاه

Dari Abu Barzah al-Aslamiy radhiyallahu 'anhu berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : ((Tidaklah bergerak kedua kaki seorang hamba pada hari kiyamat, sampai ditanya tentang umurnya kemana dia habiskan, tentang ilmunya apa yang telah dia amalkan, tentang hartanya dari mana ia peroleh harta tersebut? Dan kemana ia belanjakan harta tersebut, dan tentang tubuhnya, capek/lelahnya untuk apa?)). [https://www.alukah.net/sharia/0/133939/]

Dalam hadits yang lain Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

وعن ابن عمر رضي الله عنهما قال : أخذ رسول الله صلى الله عليه وسلم بمنْكبي فقال: كنْ في الدنيا كأنك غريب، أو عابر سبيل. وكان ابن عمر رضي الله عنهما يقول: "إِذا أمسيت فلا تنتظر الصباح، وإذا أصبحت فلا تنتظر المساء، وخذ من صحتك لمرضك
 .(ومن حياتك لموتك" (رواه البخاري

"Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memegang kedua pundakku lalu bersabda : "Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan orang asing atau seorang musafir." Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma melanjutkan : "Jika engkau berada di sore hari, maka janganlah engkau menunggu hingga pagi hari dan jika engkau berada di pagi hari, maka janganlah engkau menunggu hingga sore hari. Pergunakanlah waktu sehatmu sebelum datang sakitmu dan hidupmu sebelum matimu." (HR.Bukhari)

Dalam hadits yang lain juga Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

اغتنم خمسا قبل خمس : شبابك قبل هرمك، وصحتك قبل سقمك، وغناك قبل فقرك، وفراغك قبل شغلك، وحياتك قبل موتك. (رواه
.(الحاكم وصححه

"Manfaatkan lima perkara sebelum datang lima perkara : Masa mudamu sebelum datang tuamu, masa sehatmu sebelum datang sakitmu, masa kayamu sebelum datang kefakiranmu, waktu luangmu sebelum datang sibukmu, masa hidupmu sebelum datang matimu.” (Diriwayatkan oleh Al-Haakim dan dia menshohihkannya).

Imam Asy-Syafi'i mengatakan :

.الوقت كالسيف، إن لم تقطعه قطعك

"Waktu itu laksana pedang, jika engkau tidak memenggalnya, maka dia pasti memenggalmu." [https://www.alukah.net/sharia/0/133939/]

Karena itu mari kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Jika waktu tidak digunakan untuk kebaikan atau untuk keperluan dunia yang mubah, maka pasti ia akan digunakan untuk hal-hal yang buruk atau perkara yang sia-sia.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "PENTINGNYA WAKTU"

Post a Comment