TAUHID SEBAGAI PENGHAPUS DOSA-DOSA

Bismillah. Alhamdulillahi Rabbil 'aalamiin. Wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin wa 'ala aalihi wa shahbihi ajma'iin. Wa ba'du. 

Tauhid merupakan kunci utama untuk masuk kedalam surga, dan tauhid merupakan sebab utama terhapusnya dosa-dosa. Dalam sebuah hadits disebutkan.

وللترمذي وحسنه : عن أنس رضي الله عنه سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : ((قال الله تعالى ؛ يا ابن آدم، لو أتيتني بقراب الأرض خطايا
.((ثم لقيتني لا تشرك بي شيئا لأتيتك بقرابها مغفرة

فتح المجيد شرح كتاب التوحيد، ص ٤٨-٤٩. دار]
[السلام

Diriwayatkan dari Tirmidzi dan beliau menghasankannya, dari Anas (berkata) aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : ((Allah Ta'ala berfirman ; "Wahai anak Adam, seandainya engkau datang kepada-Ku dengan membawa sepenuh bumi dosa, kemudian engkau berjumpa dengan-Ku (mati) dalam keadaan tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu apapun, sungguh Aku akan mendatangimu dengan sepenuh bumi ampunan")). [Fathul Majiid Syarh Kitaabit Tauhiid, hal. 48-49. Cet. Daarus Salaam]

📚 Faedah yang bisa diambil :

1. Makna dari وللترمذي وحسنه maksudnya bahwa hadits tersebut diriwayatkan oleh  Imam Tirmidzi dan sanadnya hasan.

2. Makna بقراب maksudnya yaitu sepenuh bumi atau apa yang mendekati sepenuh bumi. Maksudnya seandainya seseorang bertemu dengan Allah pada hari kiyamat dengan membawa sepenuh bumi dosa atau yang mendekati itu, Allah akan datangkan ampunan selama dia bertauhid

3. Makna ثم لقيتني لا تشرك بي شيئا maksudnya yaitu engkau diwafatkan dalam keadaan selamat dari syirik, dan selamat dari syirik merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan ampunan dari Allah meskipun dosa tersebut sepenuh bumi. 

4. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengabarkan tentang Rabb-nya Allah 'Azza wa Jalla bahwasanya Dia berbicara kepada hamba-Nya dan menjelaskan kepada mereka tentang luasnya rahmat-Nya. Dan bahwasanya Dia mengabarkan bahwa Dia mengampuni segala dosa selain syirik sebagaimana firman-Nya Ta'ala :

«إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِۦ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَآءُ»

Artinya : "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya." (QS. An-Nisaa' : 48)

5. Pada hadits diatas, ada dalil yang menunjukkan tentang besarnya balasan bagi orang yang bertauhid, dan bahwasanya tauhid itu bisa menghapus seluruh dosa meskipun dosa itu sepenuh bumi.

6. Pada hadits diatas, ada dalil yang menunjukkan tentang keutamaan tauhid dan besarnya pahala bagi orang-orang yang mentauhidkan Allah Subhaanahu wa Ta'ala.

7. Pada hadits diatas, menunjukkan kepada kita tentang luasnya rahmat dan ampunan-Nya bagi pelaku dosa besar, selama mereka mati dalam keadaan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.

8. Pada hadits diatas, ada bantahan kepada kelompok khowarij yang mengkafirkan seluruh pelaku dosa besar yang dibawah tingkatkan syirik, padahal dosa selain syirik meskipun besar masih tetap ada ampunannya selama mereka mentauhidkan Allah.

9. Pada hadits diatas, ada penetapan tentang sifat berbicanya Allah Ta'ala, yang sifat berbicara tersebut sesuai dengan ketinggian Allah dan keagungan-Nya Subhaanahu wa Ta'ala.

10. Pada hadits diatas, terkandung makna laa ilaaha illallah, dan orang yang mengucapkan kalimat laa ilaaha illallah wajib baginya meninggalkan segala bentuk kesyirikan, sedikit ataupun banyak, nampak maupun tersembunyi, bukan hanya sekedar mengucapkannya ribuan kali, tetapi harus disertai pula dengan memenuhi semua rukun-rukunnya beserta syarat-syaratnya.

11. Pada hadits diatas, ada penetapan tentang hari kebangkitan, adanya hisab, dan adanya balasan pahala bagi orang-orang yang bertakwa.

12. Pada hadits diatas, terkandung didalamnya pesan yang agung tentang wajibnya mempelajari tauhid, mengisi setiap sendi kehidupan dengan tauhid, serta mendakwahkannya dan mati diatasnya.

Tentunya masih banyak faedah-faedah lain yang terkandung dalam hadits tersebut, dan emoga yang sedikit ini bermanfaat untuk kita semua. Baarakallahu fiikum. 


Related Posts:

0 Response to "TAUHID SEBAGAI PENGHAPUS DOSA-DOSA"

Post a Comment