AL-KALIMAAT (KATA)


Bismillah. Alhamdulillahi Rabbil 'aalamiin. Wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam. Wa ba'du.

Setelah kita membahas tentang apa itu Al-Kalaam maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Al-Kalimaat (Kata).

Al-Kalimaat atau kalimat, dalam bahasa Indonesia disebut kata. Sedangkan Al-Kalaam dalam bahasa Indonesia disebut kalimat.

Berkata Ustadz Zakariya Eceng :

الكلمة هي لفظ له معنى. مثل : مدرسة، دفتر، مريم
[الميسر في علم النحو، ص : ١. دار ابن أزكى]

"Al-Kalimaat (kata) adalah lafadz yang memiliki makna. Contoh : Madrosatun (sekolah), daftarun (buku tulis), mirsamun (alat gambar)." [Al-Muyassar fii 'Ilmin Nahwi, hal.1. Cet. Ibnu Azka]

Dari pengertian diatas maka Al-Kalimaat (kata) merupakan lafadz yang memiliki makna tapi dia belum sempurna sebagaimana Al-Kalaam.

Berkata Al-'Allaamah Syamsuddin Muhammad bin Muhammad ar-Ra'aini al-Maakki :

والكلمة قول مفرد. وهي : اسم، فعل، وحرف جاء لمعنى
[متممة الجرومية في علم العربية، ص : ٢]

"Al-Kalimaat (kata) adalah lafadz yang mufrod (tunggal/bukan jumlah). Dan dia bisa berupa isim, fiil atau huruf yang memiliki makna." [Mutammimah al-Juruumiyyah fii 'Ilmil 'Arabiyyah, hal.2]

Dengan demikian Al-Kalimaat dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kata. Sedangkan Al-Kalaam dalam bahasa Indonesia disebut kalimat sempurna atau disebut juga al-Jumlatul al-Mufiidah.

Faedah yang dapat diambil :

1. Al-Kalimaat  dalam bahasa Indonesia disebut dengan kata, yaitu  lafadz yang memiliki makna 

2. Al-Kalimaat (kata), meskipun dia merupakan lafadz yang memiliki makna namun maknanya belum sempurna

3. Al-Kalimaat (kata) merupakan lafadz yang mufrod (tunggal/bukan jumlah)

4. Contoh Al-Kalimaat (kata) adalah : madrosatun (sekolah), daftarun (buku tulis), mirsamun (alat gambar) dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lain.

5. Termasuk Al-Kalimaat (kata) adalah Isim (kata benda), fiil (kata kata kerja) dan huruf.

6. Perbedan antara Al-Kalaam dengan Al-Kalimaat. Al-Kalaam adalah susunan yang memiliki makna yang sempurna atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kalimat, sedangkan al-Kalimaat yaitu lafadz yang memiliki makna atau dalam bahasa Indonesia disebut kata.

Semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "AL-KALIMAAT (KATA)"

Post a Comment