TINGGINYA DERAJAT ORANG-ORANG YANG BERILMU


Orang-orang yang ikhlas dalam menuntut ilmu adalah orang-orang yang beruntung, meskipun mereka bukan para ulama, tapi Allah akan mengangkat derajat mereka ketika mereka benar-bebar ikhlas dalam menuntut ilmu. Allah Ta'ala berfirman :

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَـٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ»
 «وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَـٰتٍۢ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌۭ

Artinya : "Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Al-Mujadilah : 11)

Allah Ta'ala juga berfirman :

«شَهِدَ ٱللَّهُ أَنَّهُۥ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ وَٱلْمَلَـٰٓئِكَةُ وَأُو۟لُوا۟ ٱلْعِلْمِ قَآئِمًۢا بِٱلْقِسْطِ ۚ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ»

Artinya : "Allah bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang benar melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (Ali Imran : 18)

Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan dalam tafsirnya :

ثم قرن شهادة ملائكته وأولي العلم بشهادته، فقال «شَهِدَ ٱللَّهُ أَنَّهُۥ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ وَٱلْمَلَـٰٓئِكَةُ وَأُو۟لُوا۟ ٱلْعِلْمِ» وهذه خصوصية عظيمة..."
"...للعلماء في هذا المقام
[تفسير ابن كثير، ١\٣٢١. دار الكتب العلمية]

"...Kemudian Allah menggandeng persaksian para malaikat-Nya dan persaksian orang-orang yang berilmu dengan persaksian-Nya sendiri, Dia berfirman : «Allah bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang benar  melainkan Dia, dan para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu)», dan ini adalah kekhususan yang agung (besar) bagi para ulama pada martabat ini..." [Tafsir Ibnu Katsir, 1/321. Cet.Daarul Kutub al-'Ilmiyyah]

Karena itu teruslah menuntut ilmu meskipun jauhnya jarak dan tempat ; karena orang-orang yang beruntung diakhir zaman ini adalah mereka yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dan mengikhlaskan niatnya karena Allah Ta'ala, dan mereka inilah yang akan mendapatkan derajat tinggi disisi Allah Ta'ala di dunia dan di akhirat.

Related Posts:

0 Response to "TINGGINYA DERAJAT ORANG-ORANG YANG BERILMU"

Post a Comment