TAKUT KEPADA SYIRIK #1

Bismillah. Alhamdulillahi Rabbil 'aalamiin. Wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin wa 'ala aalihi wa shahbihi ajma'iin. Wa ba'du. 

Berbicara tentang kesyirikan, maka dosa syirik merupakan dosa besar yang paling besar diantara seluruh dosa-dosa besar. Tidak ada satu dosa-pun yang bisa menandinginya. 

Dari generasi ke generasi, dosa kesyirikan ini senantiasa terulang kembali,  sejak zaman Nabi Nuh, hingga zaman Nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, dari zaman Nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, hingga zaman kita sekarang ini. Karena itu, sudah selayaknya bagi kita semua untuk merasa takut darinya.

Baca Juga : Takut Kepada Syirik #2

Karena dahsyatnya dosa syirik ini, maka Allah Ta'ala-pun enggan mengampuni mereka yang mati dalam keadaan membawa dosa syirik.  Allah subhaanahu wa Ta'ala berfirman :

«إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِۦ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُشْرِكْ بِٱللَّهِ فَقَدِ ٱفْتَرَىٰٓ إِثْمًا عَظِيمًا»

Artinya : "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (QS. An-Nisaa' : 48)

Berkata Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul 'Aziz Sulaiman al-Qar'awiy mengenai ayat diatas :

.إن الله لا يغفر أن يشرك به : لا يغفر لعبد لقيه يعبد معه غيره أو يصرف له شيئا من أنواع العبادة
.ويغفر ما دون ذلك : يغفر جميع الذنوب غير الشرك
.لمن يشاء : لمن يريد المغفرة له
.ومن يشرك بالله : ومن يعبد معه غيره
.افترى : كذب
.اثنا : ذنبا
.عظيما : كبيرا
[الجديد في شرح كتاب التوحيد، ص ٥٤. مكتبة السوادي للتوزيع]

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik" : Maksudnya Dia tidak akan mengampuni seorang hamba yang berjumpa dengan-Nya (mati) dalam keadaan dia menyembah bersama Allah selain-Nya atau dia memalingkan untuk Allah sesuatu dari macam-macam ibadah.

"Dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu" : Maksudnya mengampuni seluruh dosa-dosa yang selain dari syirik.

"Bagi siapa yang dikehendaki-Nya" : Maksudnya bagi siapa yang Dia inginkan baginya ampunan.

"Barangsiapa yang menyekutukan Allah" : Maksudnya barangsiapa yang beribadah kepada-Nya juga beribadah kepada selain-Nya.

"Dia telah melakukan" : Maksudnya dia telah berdusta. 

"Itsman": Maksudnya yaitu dosa.

"Adziiman" : Maksudnya yaitu (dosa) yang sangat besar." [Al-Jadiid fii Syarhi Kitaabit Tauhiid, hal. 54. Cet. As-Sawaadiy Lit-Tauzii']

Faedah yang bisa diambil :

1. Syirik merupakan dosa yang paling besar.

2. Allah tidak akan mengampuni seorang hamba yang mati dalam keadaan membawa dosa syirik.

3. Allah mengampuni segala dosa selain syirik, bagi siapa yang Dia kehendaki.

4. Barangsiapa yang menyekutukan Allah atau beribadah kepada selain-Nya, sungguh orang tersebut telah melakukan dosa yang sangat besar.

5. Pentingnya takut terhadap dosa syirik.

Related Posts:

0 Response to "TAKUT KEPADA SYIRIK #1"

Post a Comment