URUTAN MENUNTUT ILMU SYAR'I

Bismillah. Alhamdulillahi Rabbil 'aalamiin. Wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin wa 'ala aalihi wa shahbihi ajma'iin. Wa ba'du.

Pada masa-masa awal seseorang belajar dan menuntut ilmu syar'i, maka hendaknya mereka memulai perjalanan menuntut ilmunya dari kitab-kitab yang ringan, ringkasan-ringkasan, matan-matan kitab dan kitab-kitab ushul, sebagaimana yang di wasiatkan oleh para ulama.

.((قال أبو عبيد القاسم بن سلام : ((عجبت لمن ترك الأصول وطلب الفضول

وقال الحافظ النووي رحمه الله : ((وبعد حفظ القرآن يحفظ من كل فن مختصرا، ويبدأ بالأهم، ومن أهمها الفقه والنحو، ثم الحديث والأصول، ثم الباقي على ما تيسر

قال ابن أبي العز الحنفي : ((فالواجب على من طلب العلم النافع أن يحفظ كتاب الله ويتدبره، وكذلك من السنة ما تيسر له، ويطلع منها وتروى، ويأخذ معه من اللغة والنحو ما يصلح به كلامه، ويستعين به على فهم الكتاب والسنة، وكلام السلف الصالح في معانيها، ثم ينظر في كلام عامة العلماء الصحابة، ثم من بعدهم ما تيسر له من ذلك من غير تخصيص

[النبذ في آداب طلب العلم، ص ٩٨-٩٩. دار الاثرية]

⏩ Berkata Abu Ubaid Al-Qaasim bin Salaam : ((Aku heran dengan orang yang meninggalkan (tidak mau mempelajari) perkara ushul dan lebih mempelajari al-fudhuul (perkara-perkara yang terkait tentang keutamaan))).

⏩ Berkata Al-Haafidz An-Nawawiy rahimahullah : ((Setelah menghafal Al Qur'an hendaknya seseorang menghafal setiap cabang ilmu yang ringkas, dan hendaknya seseorang memulai dengan yang paling penting, dan diantara yang paling penting adalah ilmu fiqih, ilmu nahwu, kemudian ilmu hadits dan ilmu ushul, kemudian sisanya (pelajarilah) apa-apa yang mudah (baginya))).

⏩ Berkata Ibnu Abi Al-'Izz al-Hanafiy :((Yang wajib bagi orang-orang yang menuntut ilmun naafi' (ilmu syar'i), agar dia menghafal kitab Allah dan mentadaburinya, menghafal sebagian As-Sunnah apa yang mudah baginya, mempelajari dan memikirkannya, bersamaan dengan itu dia mempelajari ilmu bahasa arab dan ilmu nahwu apa yang dapat memperbaiki ucapannya, meminta pertolongan dengannya agar bisa memahami Al-Kitab dan As-Sunnah serta ucapan salafush sholih yang terkait dengan makna-makna As-Sunnah, lalu melihat ucapan para ulama dari kalangan sahabat tersebut secara umum, dan ucapan (orang orang yang datang) setelah mereka apa yang mudah baginya tanpa mengkhususkannya)). [An-Nubadz fii Adaab Tholabil 'Ilmi, hal. 98-99. Cet. Daarul Atsariyyah]

Atsar-atsar ini menunjukkan kepada kita bahwa dalam menuntut ilmu ada urutan-urutan yang harus di lewati. Diantara urutan menuntut ilmu yang semestinya dilewati oleh para penuntut ilmu selain hal-hal diatas antara lain, (1) mempelajari ilmu adab, (2) mempelajari ilmu nahwu, (3) mempelajari ilmu ushul fiqih, (4) mempelajari ilmu qoidah-qoidah fiqih, (5) mempelajari ilmu aqidah, (6) mempelajari ilmu hadits, (7) mempelajari ilmu tentang syarah hadits, (8) mempelajari ilmu fiqih, (8) mempelajari ilmu Al-Qur'an dan qoidah-qoidah tafsir,(9) mempelajari ilmu tafsir, (10) mempelajari ilmu mushtholah dan al-jarh wat-ta'dil, (11) mempelajari ilmu siroh dan faraid dll. Urutan-urutan ini bisa dilihat pada beberapa kitab diantaranya An-Nubadz fii Adaab Tholabil 'Ilmi. Inilah beberapa hal yang telah disebutkan oleh para ulama kepada kita agar kita mempelajarinya dan memperhatikannya, terutama ilmu-ilmu aqidah, adab serta ilmu nahwu dan lain sebagainya, sebagai langkah awal bagi kita dalam menuntut ilmu. Seandainya metode belajar kita langsung melompat ke jenjang yang lebih tinggi dan meninggalkan perkara-perkara yang mendasar, maka ushul ilmu kita tidak akan kokoh. Sebuah qoidah mengatakan :

من حرم الأصول حرم الوصول

"Barangsiapa yang mengharamkan ushul diharamkan bagi dia untuk sampai."

Faedah yang bisa diambil :

1. Hendaknya seorang penuntut ilmu syar'i memulai perjalanan menuntut ilmunya dari kitab-kitab yang ringan, ringkasan-ringkasan, matan-matan kitab, dan kitab-kitab ushul sebagaimana yang diwasiatkan oleh para ulama.

2. Diantara yang pertama yang harus dipelajari dari ilmu-ilmu tersebut adalah ilmu Al-Qur'an dan menghafalnya dari yang termudah dan seterusnya.

3. Diantara yang paling penting dari menghafal Al-Qur'an yaitu mulai menghafal dari surat-surat pendek, setelah itu meningkat pada surat yang panjang dan seterusnya. 

4. Diantara kitab-kitab ringkasan atau matan-matan kitab yang harus dipelajari oleh penuntut ilmu diantaranya ilmu fiqih, ilmu nahwu, ilmu hadits, dan ilmu ushul.

5. Yang dimaksud dengan ilmu ushul yaitu ilmu-ilmu yang menjadi pondasi dalam beragama seperti ilmu tauhid, ilmu aqidah, ushul fiqih, ushul tafsir, qoidah-qoidah fiqih dan ilmu-ilmu ushul lainnya.

6. Diantara ilmu ushul yang paling pokok adalah ilmu tauhid dan dibawahnya ada beberapa kitab dasar seperti :

- Al-Qowaidul Arba'
- Al-Ushuulu Ats-Tsalaatsah
- Nawaaqidul Islam
- Kasyfusy Syubuhat
- Kitaabut Tauhiid

7. Diantara ilmu ushul dalam ilmu aqidah yang harus dipelajari ada beberapa kitab dasar seperti :

- Al-Ushuulu As-Sittah
- Al-Aqidah Al-Waasithiyyah
- Lum'atul I'tiqood
- Mandzumah Al-Haa'iyyah

8. Diantara kitab Ushul dalam ilmu ushul fikih yang harus dipelajari ada beberapa kitab dasar seperti : 

- Al-'Ushul min 'Ilmil 'Ushul

9. Diantara ilmu ushul dalam ilmu fikih yang harus dipelajari ada beberapa kitab dasar seperti :

- Minhajus Saalikiin
- Al-Fiqhu Al-Muyassar fii Dhouil Kitab was Sunnah
- Al-Wajiz

10. Diantara ilmu ushul dalam qoidah-qoidah fikih yang harus dipelajari ada beberapa kitab dasar seperti :

- Al-Qowaidul Fiqhiyyah
- Al-Qowaidul Fiqhiyyah min Kitaab Jam'il Mahshul

11. Diantara ilmu ushul dalam ilmu tafsir yang dipelajari ada beberapa kitab dasar seperti :

- Ushul fit Tafsiir

12. Diantara ilmu ushul dalam bidang ilmu nahwu yang harus dipelajari ada beberapa kitab dasar seperti : 

- Al-Muyassar fii 'Ilmin Nahwi
- Mukhtarot
- Al-Jurumiyyah

13. Diantara ilmu ushul dalam mushthalah hadits yang harus dipelajari ada beberapa kitab dasar diantaranya : 

- Mandzumah Baiquniyyah

14. Diantara ilmu ushul dalam ilmu hadits yang harus dipelajari ada beberapa kitab dasar diantaranya : 

- Al-Arbain An-Nawawiyyah
- Umdatul Ahkam

15. Diantara ilmu ushul dalam ilmu tajwid yang harus dipelajari ada beberapa kitab dasar seperti :

- Metode Imam Asy-Syafi'i
- Al-Khulaashatu min Ahkaamit Tajwiid

16. Diantara ilmu ushul dalam ilmu menulis yang harus dipelajari ada beberapa kitab seperti :

- Qowaaidul Imla' dan lain-lain

Mulailah belajar agama dari kitab yang ringan, ringkasan-ringkasan, matan-matan kitab dan kitab-kitab ushul. Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk kita semua. 


Related Posts:

0 Response to " URUTAN MENUNTUT ILMU SYAR'I"

Post a Comment