JANGAN JADIKAN KUBURAN SEBAGAI TEMPAT IBADAH

Diantara awal munculnya kesyirikan yaitu pengkultusan terhadap kuburan orang-orang sholeh. Mereka membangun masjid-masjid diatas kuburan. Perbuatan ini termasuk yang dilarang oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam karena ia merupakan dosa besar. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Al-Muwaththo', Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

.((اللهم لا تجعل قبري وثنا يعبد. اشتد غضب الله على قوم اتخذوا قبور أبنائهم مساجد))

"Ya Allah jangan engkau jadikan kuburanku sebagai berhala yang disembah. Sangat besar kemurkaan Allah kepada suatu kaum yang menjadikan kuburan Nabi-nabi mereka sebagai masjid." [Fathul Majiid Syarh Kitaabit Tauhiid, hal. 245-247].

Hadits ini menunjukkan kepada kita betapa takutnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam terhadap kesyirikan, khususnya penyembahan terhadap kuburan beliau shallallahu 'alaihi wa sallam serta membangun tempat ibadah diatasnya, sebagaimana yang dilakukan oleh umat-umat sebelum kita, lalu mereka beribadah dan mengkultuskan kuburan nabi-nabi mereka. Waliyaadzubillah.

Faedah yang bisa diambil :

1. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berdoa kepada Allah agar umatnya tidak menjadikan kuburan beliau sebagai berhala yang disembah sebagaimana umat-umat terdahulu dan Allah kabulkan doa beliau

2. Besarnya rasa takut Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam terhadap kesyirikan, khususnya penyembahan terhadap kuburan orang-orang sholeh sebagaimana marak di zaman kita sekarang ini

3. Besarnya perhatiannya beliau terhadap dakwah tauhid 

4. Allah sangat murka kepada suatu kaum yang menjadikan kuburan nabi mereka sebagai tempat ibadah

5. Besarnya dosa syirik disisi Allah

Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Baarakallahu fiikum.

***

Gresik, 7 Sya'ban 1444 H/27 Februari 2023

Penulis : Abu Dawud ad-Dombuwiyy

Artikel : Meciangi-d.blogspot.com

 

Related Posts:

0 Response to "JANGAN JADIKAN KUBURAN SEBAGAI TEMPAT IBADAH"

Post a Comment