TEMPAT ISTIRAHAT YANG SEJATI


Bismillah, alhamdulillahi Rabbil 'aalamiin. Wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin wa 'ala aalihi wa shahbihi ajma'iin, wa ba'du.

Sobat, perbanyaklah mengingat penghancur kelezatan yaitu kematian, agar hati kita menjadi lembut. Banyak mengingat kematian termasuk sebab lembutnya hati, itulah sebabnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sering mengingatkan kita tentang hal ini. Dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu 'alaihissalam pernah bersabda :

.((عن أبي هريرة قال: قال رسولُ الله صلى الله عليه وسلم : ((أكثروا ذكر هادم اللَّذات: الموت
[رواه الترمذي، والنَّسائي، وصحَّحه ابن حبَّان]

Dari Abu Hurairoh berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : ((Perbanyaklah mengingat penghancur keledzatan : yaitu kematian)). [Diriwayatkan oleh Tirmidzi, Nasaa'i dan dishohihkan oleh Ibnu Hibban]

Dunia adalah tempat keletihan dan kepayahan sobat, letih dengan amal sholeh atau letih dengan dosa dan maksiat. Barangsiapa yang letihnya karena melakukan amal-amal ketaatan, menuntut ilmu, menyambung silaturrahim, berbakti kepada orang tua, dan amal-amal ketaatan lainnya maka dialah orang yang beruntung. Dan barangsiapa yang letihnya karena melakukan dosa dan maksiat, berzina, tenggelam dalam fitnah syubuhat dan syahawat, melakukan bid'ah dan khurofat maka dialah orang yang celaka.

Sesungguhnya kita semua adalah bilangan hari, setiap hari berlalu, semakin dekat pula kita dengan kematian. Jika engkau letih berada diatas dunia yang fana ini, maka dunia ini memang tempat keletihan. Barangsiapa yang letihnya karena menanam amal kebaikan demi mencari ridho Allah, maka dia akan memanennya kelak di surga Allah, dan barangsiapa yang letihnya karena menanam amal keburukan serta dosa dan maksiat, maka dia pula yang akan menuai hasilnya kelak di neraka Allah 'Azza wa jalla.

Ketahuilah, tempat peristirahatan sejati bagi kita dari keletihan dunia, dari keletihan beramal sholeh, dari keletihan menahan diri dari dosa dan maksiat adalah surga, dan itulah tempat tinggal bagi orang-orang yang bertakwa. Allah Ta'ala berfirman :

«وَتِلْكَ ٱلْجَنَّةُ ٱلَّتِىٓ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ»

Artinya : "Dan itulah surga yang diwariskan kepada kalian disebabkan karena amal-amal yang dahulu kamu kerjakan." (QS. Az-Zukhruf : 72)

Allah 'Azza wa Jalla juga berfirman :

«فَمَن زُحْزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدْخِلَ ٱلْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَـٰعُ ٱلْغُرُورِ».

Artinya : "Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan." (QS.Ali Imran : 185)

Related Posts:

0 Response to "TEMPAT ISTIRAHAT YANG SEJATI"

Post a Comment